Selasa, 30 Oktober 2018

mag

Sakit Maag, Ini Gejalanya

Sakit Maag, Ini Gejalanya
Sakit maag menyebabkan perut terasa perih, mual bahkan kembung. Seringkali ini disebabkan, karena Anda telat makan. Sakit maag juga seringkali dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat. Karena itu, agar maag tidak datang kembali, ada baiknya Anda perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
Penyebab sakit maag disebabkan adanya infeksi bakteri Helicobacter Pylori atau perubahan fungsi yang terjadi pada lapisan lambung seseorang. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol, rokok dan kopi juga dapat menimbulkan gangguan sakit maag.
Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda, bahkan ada penderita maag, tanpa merasa mengalami gejala apapun. Tapi, gejala yang paling umum dari sakit maag adalah sebagai berikut:
2. Nyeri pada bagian ulu hati
3. Perut kembung
4. Mual dan muntah
5. Gangguan pencernaan
6. Cegukan
7. Kehilangan nafsu makan
8. Sembelit
9. Setelah makan, perut akan terasa sangat penuh
10. Sendawa berlebih
Agar sakit maag tak datang kembali, penting untuk menjaga pola makan sehat.
Berikut empat cara sehat terhindar dari serangan sakit maag:
- Makan sedikit tetapi sering, adalah cara aman agar perut tidak kosong, seperti 4-5 kali dalam satu hari. Hal ini dapat membuat Anda terhindar dari sakit maag.
- Hindari makanan yang dapat membuat perut Anda teriritasi, seperti pedas, asam, goreng-gorengan maupun lemak. Pilihlah makanan yang sehat serta bergizi. Tak lupa perbanyak konsumsi air putih.
- Hindari alkohol dan merokok. Pasalnya, alkohol dapat membuat lapisan perut Anda teriritasi.
- Menghindari stress. Karena, stress justru dapat membuat sakit maag menjadi lebih parah. Ada kalanya stress sulit untuk dihindari, tetapi Anda dapat belajar bagaimana cara mengatasinya. Lakukan beberapa jenis olahraga yang mengandung teknik meditasi, seperti yoga maupun tai chi untuk menenangkan pikiran Anda.
Namun, saat Anda mengalami gejala-gejala sakit maag, ada baiknya segera periksakan ke dokter. Jangan pernah menganggap sepele, karena tanpa adanya pemeriksaan dan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat berkembang menjadi tukak lambung kronis bahkan kanker lambung.
Semoga bermanfaat! (PR)

sumber : https://meetdoctor.com/article/sakit-maag-ini-gejalanya

0 komentar:

Posting Komentar